1). Yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan
diri terhadap perubahan SDM
-Kesiapan untuk berubah
Perubahan diawali untuk
mempersiapkan segenap SDM untuk menerima perubahan karena pada kakikatnya
manusia menjadi subjek dan objek perubahan serta mempunyai sifat resisten
terhadap perubahan.
-cara mengubah Smart People
a. Menghapus
pemikiran yang salah
b. Memahami
kekuatan pendorong smart people
c. Apabila
smart people egoism aka dengan cara memberi pengakuan secara tulus pada
kemampuan atau prestasi smart people.
d. Apabila
smart people berpandangan sempit maka dilakukan dengan cara membuat mereka
melihat bagaimana bagaimana peran mereka atau departemen.
e. apabila
smart people tidak flesibel dengan cara:
-membantu mereka melihat rasionalitas
untuk berubah
-menunjukkan bahwa cara lama tiak lagi
relevan
-menunjukkan kepentingan mereka dengan
adanya perubahan
-mempermudah mereka untuk berubah
2). Konsep dasar perubahan keorganisasian:
a. Tipe-tipe
perubahan
b. Memanage
perubahan melalui pengembangan organisasi
c. Pengembangan
organisasi
Tehnik
pengembangan keorganisasian untuk menunjukkan perubahan
1. Persoalan
organisasi
Ø Tehnik
yang dapat dimanfaatkan pengetahuan tersebut untuk memperbaiki interksi mereka
dengan orang lain.
2. Pelatihan
kepekaan
Ø Sebuah
tehnik pengembangan keorganisasian yang terdiri dari serangkaian tindakan
konseling diman anggaran kelompok dibantu oleh fasilitas.
3. Konsultasi
proses
Ø Seorang
konsultan proses yang terlatih atau seorang fasilitator bekerja erat dengan
seorang manajer memperbaiki interaksinya dengan anggota kelompok lain.
3). Konflik adalah Suatu Masalah atau
perselisihan pendapat antara satu dengan yang lain menjadi suatu hambatan dalam
permasalahan.
Tingkatan dalam konflik:
- Intrapersonal= Konlik yang timbul dalam dir seorang individu
- Interpersonal= Konflik yang terjadi antara individu
- Intragroup= konflik yang terjadi dalam sebuah kelompok
- Intergrup= konflik yang terjadi antara kelompok
4). Hal yang perlu di persiapkan untuk
menciptakan perubahandan cara merancang sebuah pesta perubahan
a.
Gunakan bahasa tubuh yang bersahabat
b.
Gunakan simbol-simbol perubahan
c.
Berikan pelatihan lintas sektoral
d.
Kirim mereka keluar
e.
Ganti bagian-bagian tertentu
f.
Tumbuhkan kepercayaan
g.
Berikan “owner ship” perubahan pada mereka
h.
Tunjukkan perubahan yang menguntungkan
mereka
i.
Lakukan pertemuan rutin
5) beberapa pengertian dan istilah-istilah
dalam manajemen perubahan:
a. Implementasi
perubahan
Ø Pelaksanaan
suatu rencana yang telah dibuat dalam menghadapi perubahan di dalam dan diluar
organisasi
b. True
change
Ø Suat
gagasan atau konsep yang mendasari mengenai bagaimana pekerjaan dilakukan
c. Harapan
Ø Suatu
keinginan terhadap suatu hal , dimana terjadinya kenyataan sesuai dengan
harapan/keinginan itu sendiri.
d. Virtous
circle
Ø Arah
gerakan/lingkaran perubahan nilai-nilai yang berakibat memukul balik ketempat
semula.
e. Budaya
appolo
Ø Budaya
yang dikontrol oleh hirarki atau suatu system bersifat formal dan
tersentralisasi
f. Manajemen
inovasi
Ø Manajemen
menjadi suatu sentral atau pusat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan apabila
pekerjaan tersebut kurang efektif
MANTABS TENGKIU HBS......, SANGAT MEMBANTU, SOAL KURANG VARIATIF..SOAL ANALISISNYA SEHARUSNYA LBH DIUTAMAKAN TERUTAMA UTK LULUSAN STRATA SATU LBIH MEMPERSIAPKAN KOMPETENSINYA, BILA MEREKA SIAP BEKERJA UTK DUDINYA..MATURNUWUN..
ReplyDeleteGak ada soal yang aku cari disini. Percuma
ReplyDelete